Hujan Cinta

Sudah lama sekali aku tak lewat di sini.

Musim panas yang sumringah telah berganti dengan musim gugur yang muram, mengisi hari-hariku dengan angin dan hujan yang tak berhenti. Saban malam hujan turun, dan aku lalu termenung di teras, mengingat seseorang, seseorang yang selalu dekat di hatiku betapapun jauhnya jarak yang terbentang antara aku dan dia. Tapi tentu aku tak bisa berlama-lama duduk atau bermain gitar di situ. Cuaca sudah mulai menggigil, dan lebih nyaman untuk selalu bersembunyi dalam kehangatan kamar, di depan Tivi atau Kompi.

Hujan, begitu namanya ku tulis di ponselku, pernah berkata kepadaku bahwa turunnya hujan adalah tanda cinta kasih Tuhan, Ia sedang melimpahkan rezeki-Nya dengan hujan itu. Itu benar sekali. Dia, Hujan, bagiku adalah anugrah dan kasih Tuhan. Seperti hujan, dia datang di suatu ketika, mendamaikan hatiku. Aku lalu jatuh cinta, ya jatuh cinta.

Pernah dia bertanya bagaimana seseorang dapat jatuh cinta seperti aku, tanpa alasan, bahkan tanpa perkenalan. Saat itu aku berpikir tentang hujan yang entah mengapa selalu dapat mendatangkan kenyamanan, bahkan kehangatan, di hatiku.

Aku memang tak mengerti kenapa aku mencintainya, hingga saat ini. Jika suatu saat nanti aku dapat lebih mengenalnya lagi, tentu akan makin banyak alasan bagiku untuk jatuh cinta kepadanya, namun mungkin tak seperti perasaan damai dan terpesona saat pertama bertemu dengannya, rasa yang tumbuh begitu saja, tanpa ku rencanakan, tanpa ku kondisikan, tanpa ku pertimbangkan. Cinta yang apa adanya. Je l’aime, tout court.

Pernahkah kau merasakan damai saat hujan turun di halaman rumahmu? Mungkin begitulah perasaanku saat itu. Tak bisa ku gambarkan, memang. Saat ini pun, dalam cuaca yang mulai menggigil ini, hatiku hangat oleh cinta dan rindu. Rain, I Miss You…

Tinggalkan Balasan

